Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Tambahan 2


Etika Dalam Bermasyarakat

Etika dalam bermasyarakat sangatlah diperlukan agar dapat menciptakan suasana yang harmonis. Banyak sekali etika-etika yang harus diterapkan dalam bermasyarakat.
  1. Etika dalam berbicara
Berbicara merupakan kebutuhan manusia dalam sehari-hari. Dengan berbicara kita dapat menyampaikan pendapat dan juga mendapatkan informasi-informasi yang disampaikan oleh lawan bicara kita. Berbicara dengan sopan santun akan mendapatkan banyak treman dan akan disegani oleh orang banyak. Namun bila berbicara tanpa sopan santun akan mendatangkan musuh dan orang-orang yang membenci kita. Dalam bermasyarkat etika berbicara harus diperhatikan. Karena dalam bermasyarakat kita akan bertemu dengan orang yang memiliki macam-macam sifat dan karakter. Etika yang baik dalam berbicara adalah :
ü  Berbicaralah dengan sopan dan santun
ü  Bicaralah dengan tidak menyinggung lawan bicara
ü  Lihatlah lawan bicara kita, apabila lawan bicara kita lebih tua, maka bicaralah dengan rasa hormat, namun jika lawan bicara kita lebih muda maka bicaralah dengan rasa saling menghargai
  1. Etika dalam berpakaian
Pakaian berfungsi untuk menutupi aurat manusia. Saat ini banyak sekali model-model pakaian yang di jual di pusat perbelanjaan. Dari harga ekonomis sampai harga termahal telah disediakan. Akan tetapi kita harus pandai dalam melilihpakaian yang mana yang akan kita kenakan.
  1. Etika dalam bergaul
Pergaulan sangat berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam bergaul. Kita tidak perlu pilih-pilih dalam bergaul. Bergaulah dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi, dalam bergaul ambillah hal yang positif dari pergaulan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar