Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Tambahan 3

Etika Dalam Berbisnis

Bisnis dengan etika sangat erat kaitannya, meskipun etika tersebut sering kali diabaikan. padahal etika itu sangat penting dalam berbisnis.

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional. (http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis)

Sebagai contoh kecil adalah seorang pedagang baso sapi. Mereka menggunakan borax sebagai salah satu bahan untuk membuat baso dengan tujuan agar baso yang ia jual dapat tahan lama dan kenyal. padalah sudah sering diperingatkan bahwa bahan tersebut sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Tetapi pedagang tersebut tetap menghiraukan peringatan itu.

Contoh tersebut memperlihatkan bahwa etika itu sangat penting, salah satunya untuk berbisnis. Mengabaikan etika bisnis dapat merugikan banyak orang. Secara tidak langsung pedagang tersebut telah menghancurkan bisnisnya sendiri. Memang dalam jangka waktu pendek, pedagang tersebut dapat memperoleh keuntungan yang besar. Namun dalam jangka panjang pedagang tersebut telah menghilangkan kepercayaan pelanggannya yang mengakibatkan pelanggan kabur dan kapok untuk makan baso sapi yang ia jual.

Saat ini, tujuan utama dalam berbisnis bukanlah memperoleh laba yang besar, namun untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan sudah percaya dan puas dengan apa yang telah kita berikan, maka keuntungan akan datang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, berbisnis lah dengan jujur. Karena akan baik bagi reputasi kita nantinya. Kita sukses karena reputasi yang baik dan tidak merugikan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar