Kamis, 04 Oktober 2012

Tugas Tambahan Minggu 1


Pengertian Etika Menurut Beberapa Pendapat Ahli
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (W.J.S Poerwadarminto,2002) pengertian etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral). Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Department Pendidikan dan Kebudayaan, 1998) pengertian etika dimaksud sebagai ilmu tentang apa yang baik dan buruk, tentang hak dan kewajiban moral, nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
Sedangkan menurut Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
Dan menurut Martin (1993), etika didefinisikan sebagai "the discipline which can act as the performance index or reference for our control system". Dengan demikian, etika akan memberikan semacam batasan maupun standard yang akan mengatur pergaulan manusia didalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khusus dikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dirupakan dalam bentuk aturan (code) tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada; dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum (common sense) dinilai menyimpang dari kode etik Dengan demikian etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan "self control", karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.

Sumber penulisan

Perbedaan Antara Egoisme dan Hedonisme
Egoisme adalah cara seseorang dalam mempertahankan pendapatnya yang menguntungkan dirinya sendiri.  Seseorang tersebut ingin melakukan suatu hal agar dirinya puas atau bahagia bahkan hal tersebut dapat merugikan orang lain sekali pun. Dia tidak peduli apa dampak yang orang lain rasakan dari apa yang telah ia lakukan. Yang terpenting adalah kebahagiaannya sendiri. Biasanya orang yang menganut  egoisme tertutup dengan hal-hal atau pemikiran baru. Karena ia tetap selalu mempertahankan pendapatnya sampai dalam jangka waktu lama atau sampai dia puas dengan pendapatnya itu.
Sedangkan hedonisme adalah cara berfikir seseorang bahwa tujuan utama dalam hidup adalah bersenang-senang. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, orang-orang yang menganut hedonisme akan melakukan apapun untuk mendapatkan kesenangan tersebut, meskipun hal tersebut terlarang. Banyak sekali contoh dalam kehidupan sehari-hari yang ada di sekeliling kita, koruptor adalah contoh nyata dari sifat hedonisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar